Join :
Citizen/Kirim Berita:

ATJEH CYBER WARRIOR™

atjehcyber aceh | 728x90

aceh atjehcyber | catmenu

Follow us:
Kirim Berita :

atjehcyber aceh | carousel

aceh atjeh cyber | #tag

acw atjeh cyber | Headline

acw atjeh cyber | commentWrapper

aceh atjeh cyber acheh 728x80

Delisa; Bukan Tokoh Fiktif, Dia Benar-benar Ada


Pernah menonton film Hafalan shalat Delisa? Film ini diadopsi dari novel best seller karya penulis muda Indonesia Tere Liye. Film ini berkisah tentang Delisa, gadis cilik yang tinggal di Desa Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar.

Tentu anda akan penasaran, siapa sebenarnya sosok Delisa yang ditulis oleh Tere Liye dengan judul novel yang sama dengan filmnya. Tokoh tersebut sebenarnya ada dan masih ada hingga kini.

Dalam film tersebut Delisa digambarkan sebagai anak periang. Dia bungsu dari empat bersaudara. Saat tsunami terjadi semua keluarganya meninggal; ibu, dan ketiga kakaknya. Kecuali ayahnya yang saat itu bekerja di kapal tanker perusahaan minyak internasional.

Tsunami juga merenggut sebelah kaki Delisa sehingga harus diamputasi. Setelah itu ia terpaksa menggunakan tongkat untuk berjalan. Tak lama setelah tsunami ayahnya pulang. Delisa kemudian menjalani hari-harinya dengan sang ayah. Film yang dibintangi oleh Nirina Zubir, Reza Rahadian, Chantiq Schagerl, Mike Lewis dan beberapa artis lainnya ini sangat menyentuh.

Selama ini tokoh Delisa dalam film tersebut hanya dianggap kisah fiktif, tetapi sebenarnya Delisa merupakan sosok nyata korban tsunami Aceh. Namun, Delisa asli bukanlah berasal dari Lhok Nga sebagaimana yang digambarkan dalam film tersebut.

Di renungan delapan tahun tsunami yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas di Banda Aceh besok, Delisa akan hadir untuk berbagi kisah dan pengalamannya. Sebelah kaki Delisa juga teramputasi akibat peristiwa besar itu.

Jika anda penasaran, bagaimana sosok asli gadis berkaki satu itu, silahkan datang ke museum Tsunami Aceh, Rabu (26/12/2012) disana anda akan dipertemukan dengan sosok Delisa yang asli.

“Bagi masyarakat Banda Aceh besok bisa hadir ke Museum Tsunami untuk bertemu dengan Delisa yang asli,” kata Khalawed, panitia aksi bersama peringatan tsunami 2012. Delisa akan berbagi kisahnya saat berjuang melawan keganasan musibah delapan tahun lalu kepada para pengunjung.

*Ref: ATJEHPOST/TGJ
Like → Tweet :
Join → Follow :

aceh atjeh cyber acheh | 336x280

HEADLINES
ISLAMPEDIA!

aceh atjeh cyber acheh | 300x250

aceh atjeh cyber acheh | TabView

→ Utama » Index »
→ News» Index »
→ Tech » Index »

aceh atjeh cyber acheh | WrapperRight