Sejarah Hari Ini 25 April 1859 : Terusan Suez Mulai Dibangun Sejarah Hari Ini 25 April 1859 : Terusan Suez Mulai Dibangun
TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Sejarah Hari Ini 25 April 1859 : Terusan Suez Mulai Dibangun

Saturday, April 25, 2015 14:57 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior

Hari ini, 25 April 1859 Terusan Suez mulai dibangun. Terusan ini berada di sebelah barat Semenanjung Sinai. Terusan yang memisahkan benua Asia dan Afrika ini panjangnya 163 km terletak di Mesir dan menghubungkan Pelabuhan Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah.

Pengerjaan Terusan Suez dilakukan dalam waktu 11 tahun dan selesai pada 1870. Dibangun atas prakarsa insinyur Perancis yang bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps.

Terusan ini mengizinkan transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika. Sebelum adanya kanal ini, beberapa transportasi dilakukan dengan cara mengosongkan kapal dan membawa barang-barangnya lewat darat antara Laut Tengah dan Laut Merah. Terusan ini terdiri dari dua bagian, utara dan selatan Danau Great Bitter, menghubungkan Laut Tengah ke Teluk Suez

Dalam era Perang Dunia I Terusan Suez yang saat itu berada di bawah kekuasan Inggris, diserang oleh pasukan Jerman dan Turki Ottoman. Posisi Suez yang sangat strategis, yaitu menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah, menjadikan terusan ini objek rebutan antara pasukan Sekutu dan Axis.

25 April 1981: Penyanderaan di Kedubes AS

Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter akhirnya membatalkan operasi penyelamatan sandera di Kedubes Amerika Serikat di Teheran pada 25 April 1980. Operasi militer itu diberi nama "Operasi Cahaya Biru."

Penyanderaan itu buntut dari demonstrasi mahasiswa Iran pada 4 November 1979 yang menduduki Kedutaan Besar AS di Teheran dan menyandera 60 orang warga Amerika Serikat. Mereka menuntut Amerika Serikat memulangkan keluarga kerajaan yang mencari suaka di Negeri Abang Sam.

"Operasi Cahaya Biru" dibatalkan hanya sehari setelah operasi berjalan. Presiden Carter beralasan karena tentara Amerika Serikat mengalami kerugian besar meski operasi baru berjalan satu hari. Setidaknya sembilan tentara komando tewas, tujuh helikopter RH-53 rusak parah, dan satu pesawat Hercules C-130 terbakar.

Para sandera akhirnya dibebaskan pemerintah Iran pada 20 Januari 1981.

Peristiwa

* 1719 - Novel Robinson Crusoe karya Daniel Defoe diterbitkan.
* 1881 - Petisi dari 250.000 orang warga Jerman untuk menghadang kaum Yahudi asing memasuki
   wilayah Jerman.
* 1925 - Paul von Hindenburg terpilih menjadi presiden Jerman.
* 1945 - Pasukan udara sekutu mendarat di Surabaya, Jawa Timur.
* 1953 - Artikel Francis Crick dan James D. Watson yang mengusulkan struktur heliks ganda
   DNA diterbitkan.
* 1983 - Pioneer 10 terbang melewati orbit Pluto.
* 1993 - 300.000 gay, lesbian, transgender, biseksual dan aktivis pendukungnya melakukan
   pawai di Washington, DC menentang diskriminasi.
* 2006 - Girija Prasad Koirala mulai menjabat sebagai Perdana Menteri Nepal untuk keempat kalinya.

Meninggal

* 1744 - Anders Celsius, penggagas skala suhu derajat Celsius.
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved