TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Bosnia Larang Pakai Jilbab, Ribuan Muslimah Protes

Monday, February 08, 2016 20:41 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior



Sarajevo - Lebih 2.000 wanita Bosnia, Minggu (7/2), turun ke jalan memprotes larangan berhijab di lembaga peradilan.

"Kami berkumpul untuk memprotes prasangka, diskriminasi, dan marjinalisasi," ujar Samira Zunic Velagic, salah satu penyelenggara aksi protes.

"Larangan mengenakan hijab di lembaga peradilan adalah serangan serius terhadap kehormatan, kepribadian, dan identitas Muslim. Larangan ini bertujuan merampas hak mereka yang bekerja di lembaga peradilan," lanjut Samira.

Protes dipicu keputusan terbaru Dewan Kehakiman Tinggi Bosnia, lembaga yang bertugas mengawasi fungsi peradilan. Dewan memutuskan melarang simbol-simbol keagamaan di lembaga peradilan.

Keputusan tidak secara eksplisit menyebut larangan berhijab. Yang pasti, wanita yang bekerja di lembaga peradilan mulai dilarang mengenakan hijab.

Pemimpin politik dan ulama Bosnia mengutuk larangan ini.

Pedemo berparade sekitar satu jam seraya membawa spanduk bertuliskan; Hijab adalah Pilihan Saya Sehari-hari. Hijab adalah Hak Saya. Hijab adalah Hidup saya.

"Kami datang ke sini untuk mengatakan wanita Bosnia bukan korban hijab. Kami datang untuk membela hak-hak kami. Hijab adalah mahkota kami, kebebasan kami, kehormatan kami," ujar Elisa Harmovac, ibu rumah tangga berusia 33 tahun, kepada AFP.

Sekitar 40 persen warga Bosnia adalah Muslim. Lainnya Kristen Orthodox Serbia dan Katolik. Bagi Muslimah Bosnia, hijab adalah identitas yang dikenakan sejak mulai berjalan.

Saat masih bersama Yugosalvia, pemerintah komunis melarang hijab. Tahun 1992, setelah Yugoslavia runtuh dan Bosnia memproklamirkan kemerdekaan, Muslimah Bosnia serentah mengenakan hijab.

Sebagian kecil mengenakan hijab dengan baik, lainnya hanya berkerudung, dan hanya sedikit yang tidak berhijab. */inl
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved