TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Tertangkap Video Bunuh Muslim Palestina, Tentara Israel Diadili

Wednesday, May 11, 2016 07:29 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior



Jaffa - Seorang tentara Israel yang menembak dan membunuh seorang warga Palestina dalam keadaan terluka, mulai disidang oleh pengadilan militer di Jaffa, Senin (9/5/2016), atas dakwaan pembunuhan terkait pengerahan kekuatan berlebihan dalam menghadapi serangan Palestina.

Sersan Elor Azaria, 19 tahun, diduga menembak kepala Abdul Fatah al-Sharif, 21 tahun, di Hebron, Tepi Barat pada Maret lalu. Pada saat ditembak, pemuda Palestina itu diketahui sudah tak lagi bisa bergerak karena luka yang dialaminya.

Mayoritas warga Israel tidak ingin pengadilan militer ambil bagian dalam kasus itu, demikian menurut jajak pendapat yang dilakukan tidak lama setelah Sersan Azaria ditangkap pada Maret lalu, lapor Reuters.

Para pejabat Palestina menjuluki kasus itu sebagai pembunuhan berdarah dingin.

Peristiwa tersebut terbongkar setelah ada video yang diambil saksi mata warga Palestina. Video itu mempertontonkan Azaria menembak kepala penyerang yang tersungkur di tanah karena luka-lukanya setelah dia menusuk dan melukai tentara Israel lain.

Hasil otopsi yang dilakukan oleh ahli patologi Israel dan Palestina menunjukkan bahwa peluru dari senjata milik Sersan Azaria telah menewaskan korban tersebut.

Para pemimpin negara Palestina menuduh Israel melakukan pembunuhan rutin di luar jalur hukum sebagai upaya untuk meredakan insiden penusukan, penembakan, dan penabrakan mobil yang terjadi selama berbulan-bulan. Tuduhan Palestina itu dibantah oleh Israel.

Sersan Azaria, tenaga medis yang dikenai wajib militer, merupakan orang pertama yang aktif bertugas sebagai prajurit militer menghadapi proses pidana atas dakwaan penggunaan kekuatan yang bisa mematikan sejak kekerasan meletus pada Oktober tahun lalu.

Namun, komandan militer Israel mendesak para prajuritnya menggunakan kekuatan yang terpercaya dan terukur menghadapi para penyerang setelah jajak pendapat menunjukkan bahwa 57% warga Israel percaya Azaria tidak akan ditahan.

Dua bulan yang lalu, setelah beberapa menteri sayap kanan di pemerintahan koalisinya memperingatkan untuk menentang acara persidangan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengambil langkah yang tidak biasa dengan menelepon ayah sang prajurit untuk mengatakan, "Saya mengerti Anda menghadapi kesulitan" dan menjanjikan anaknya akan diperlakukan dengan adil.

Oditur militer menyatakan bahwa dengan tidak adanya bukti sebelumnya, mereka menetapkan dakwaan Azaria atas pembunuhan, bahkan pembantaian. Jika terbukti, ia akan dikenai hukuman 20 tahun penjara.

"Keadilan akan datang untuk menyinari," kata Binyamin Malka, salah satu pengacara Azaria, kepada sejumlah wartawan.

Menurut pihak militer, Azaria kepada para penyelidik mengatakan bahwa dirinya percaya bahwa warga Palestina tersebut, meskipun diam tak bergerak, mungkin memiliki rompi bom bunuh diri dan dia masih membahayakan.

Sejak Oktober lalu, serangan Palestina menewaskan 28 warga Israel dan dua pendatang berkewarganegaraan AS.

Pasukan Israel membunuh sedikitnya 194 warga Palestina, sebanyak 133 di antaranya menurut Israel sebagai penyerang. Beberapa yang lainnya tewas tertembak dalam bentrokan dan unjuk rasa.

Beberapa faktor yang melatari kekerasan termasuk penderitaan warga Palestina atas terhentinya pembicaraan damai dan meningkatnya kegiatan pembangunan pemukiman oleh Israel. Situasi itu menambah akses kaum Yahudi untuk memperebutkan Kota Suci Yerusalem serta meningkatkan desakan yang dipimpin kalangan Islamis untuk menghancurkan Israel.

Namun, laju serangan telah menurun dan Israel menganggap penurunan bentrokan itu dicapai antara lain sebagai hasil kerja sama yang lebih erat dengan pasukan keamanan Palestina.
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved