TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Pemimpin Al-Qaidah Sumpah Setia kepada Taliban

Saturday, June 11, 2016 22:34 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior



Pemimpin al-Qaidah, Ayman al-Zawahri, berbaiat kepada pemimpin baru Taliban Afghanistan, Haibatullah Akhundzada, yang baru saja dilantik bulan lalu menggantikan pemimpin sebelumnya yang tewas dalam serangan drone Amerika Serikat bulan lalu.

"Sebagai pemimpin organisasi al-Qaidah untuk jihad, saya memperpanjang janji kesetiaan saya sekali lagi, pendekatan yang juga dilakukan Osama, yakni mengundang bangsa Muslim untuk mendukung Keemiran Islam," kata al-Zawahri dalam rekaman audio sepanjang 14 menit yang beredar daring, dikutip dari Reuters.

Memimpin al-Qaidah, Zawahri menggantikan sang pendiri, Osama bin Laden yang tewas dalam serangan Navy Seals AS di Pakistan pada 2011. Zawahri kini diduga bersembunyi di wilayah perbatasan Pakistan-Afghanistan, dan telah berbasis di sana sejak akhir 1990-an.

Zawahri merupakan dokter asal Mesir yang kemudian bergabung dengan al-Qaidah. Di bawah kepemimpinannya, al-Qaidah kehilangan sejumlah wilayahnya yang direbut ISIS.

Selama masa kekuasaannya sejak 1996-2001, Taliban mendirikan Keemiran Islam di Afghanistan, dan sudah memerangi sejumlah pemberontakan untuk kembali menguasai negara.

Hingga saat, keaslian rekaman audio Zawahri belum dapat dipastikan keasliannya.

Haibatullah Akhundzada sendiri merupakan sarjana hukum Islam yang menjadi salah satu wakil mantan pemimpin Taliban sebelumnya, Mullah Akhtar Mansour. Akhunzada ditunjuk sebagai pemimpin hanya beberapa hari setelah Mansour tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di daerah perbatasan yang terpencil di Pakistan.

Meski pemimpin Al-Qaidah berbaiat setia kepada Taliban, sejumlah komandan pemberontak Afghanistan sudah memisahkan diri dari Taliban dan berpaling ke ISIS, meski kelompok militan ini beroperasi di Irak, Suriah, dan sejumlah wilayah di Libya.

Al-Qaidah didirikan oleh gerilyawan Arab yang berbondong-bondong ke Afghanistan untuk memerangi pasukan Soviet yang menduduki negara ini pada 1980-an.

Kelompok ini telah berkembang di bawah pemerintahan Taliban sebelum kedua kelompok ini harus beroperasi secara tersembunyi setelah AS meluncurkan invasi militer ke Afghanistan sejak serangan 9/11 pada 2001 lalu.
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved