TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Pertempuran Sengit IS dan Militer Irak Pecah di Fallujah (VIDEO)

Wednesday, June 01, 2016 14:36 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior



Pertempuran sengit pecah antara tentara Irak dan Islamic State (ISIS) dalam upaya pasukan pemerintah yang dibantu serangan udara koalisi merebut kembali kota Fallujah.

Diberitakan CNN, pejabat militer Irak yang tidak disebut namanya mengatakan pasukan Irak pada Selasa (31/5) mencoba memasuki kota pada fajar. Upaya mereka mendapatkan gempuran dari ISIS.

Militan IS menyerang dengan bom bunuh diri, tembakan RPG dan penembak jitu untuk memukul mundur pasukan Irak. Sumber CNN mengatakan, beberapa pasukan Irak tewas, namun tidak disebut jumlahnya.

Pertempuran paling sengit terjadi di Nuaimiya, daerah pertanian yang merupakan lapis daratan terakhir yang memisahkan pasukan Irak dan IS di selatan Fallujah.

ISIS mengklaim tentara mereka berhasil menghentikan laju pasukan Irak yang menuju selatan Fallujah. Kelompok bersenjata pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu mengaku telah membunuh sedikitnya 25 tentara Irak dan menghancurkan enam kendaraan militer.

Jenderal Hamid al-Maliki dari Kementerian Pertahanan Irak mengatakan bahwa pasukan mereka telah mengepung Fallujah. Serangan mereka dibantu oleh gempuran udara koalisi tempur Amerika Serikat dan pasukan darat militan Syiah.

VIDEO:



Operasi perebutan Fallujah yang merupakan kota Sunni, terbesar kedua yang dikuasai IS setelah Mosul di Irak dimulai pada Senin pekan lalu.

Setelah berhasil menguasai wilayah sekitar Fallujah, langkah selanjutnya adalah merangsek masuk ke kota tersebut dan mengusir ISIS.

Sementara itu, puluhan ribu warga sipil di Fallujah terancam keselamatannya dalam pertempuran tersebut. Lebih dari 3.700 orang di antara mereka berhasil melarikan diri. PBB melaporkan, ISIS mengeksekusi warga yang menolak angkat senjata.

Caroline Gluk, juru bicara badan pengungsi PBB di Baghdad mengatakan, muncul laporan ISIS menggunakan warga sipil sebagai tameng hidup di Fallujah.

Maliki mengatakan, serangan udara memberikan pasukan Irak perlindungan selama melancarkan serangan di darat. Koalisi udara AS juga membantu menghancurkan perlengkapan perang ISIS dan membuka jalan bagi evakuasi warga.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved