TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Bocoran WikiLeaks, Banyak yang ‘Mengemis’ ke Saudi

Monday, June 22, 2015 00:11 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior

Kekayaan Arab Saudi yang berlimpah karena minyak kerap dimanfaatkan banyak orang dari berbagai negara, dan sebaliknya, kemakmuran ini juga dimanfaatkan Saudi untuk menerapkan diplomasi balas budi.

Hal ini terbukti dari berbagai dokumen diplomatik Saudi yang dibocorkan oleh WikiLeaks Jumat lalu. Diberitakan New York Times, Sabtu (20/6), terlihat dalam dokumen beberapa orang "mengemis" meminta bantuan dari Arab Saudi.

Di antaranya adalah permohonan bantuan dari Mohammed Mursi sebelum menjadi presiden Mesir yang meminta dipermudah urusan visanya agar bisa keluarganya bisa umrah.

Ada juga politisi Lebanon yang meminta bantuan uang untuk membayar upah pengawal, terungkap dalam kabel diplomatik antara Saudi dan Lebanon.

Seorang politisi Kristen Lebanon, Samir Geagea, bahkan meminta uang untuk membantu partainya, Lebanese Forces, yang tengah dalam masalah finansial. Dalam suratnya, Geagea terlihat tanpa malu meminta bantuan uang karena selama ini dia selalu mendukung Saudi dalam menentang pemerintahan Bashar al-Assad di Suriah.

Geagea mengaku telah menunjukkan "kesiapannya untuk melakukan apa pun yang diminta Kerajaan (Saudi)." Surat ini belum dikonfirmasi oleh juru bicara Geagea.

Ada lagi permintaan bantuan sebesar US$2.000 dari sebuah kantor berita di Guinea untuk "menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi."

Dalam salah satu dokumen, Saudi juga pernah memberikan 2.000 visa umrah bagi Ayad Allawi, politisi Irak rival dari Nuri al-Maliki, perdana menteri Irak saat itu. Dalam dokumen itu, Saudi mendukung Allawi yang menentang Nuri, pemimpin Syiah.

Diplomasi buku cek

Abdulkhaleq Abdullah, professor ilmu politik di Uni Emirat Arab mengatakan bahwa ini adalah bukti bahwa Saudi menerapkan diplomasi buku cek, atau diplomasi utang budi. Dengan memberikan bantuan, Saudi berharap mendapatkan balasan dari penerima.

Menurut Abdullah, tidak ada yang mengejutkan dari tindakan Saudi ini. Hal serupa, ujar dia, juga dilakukan oleh banyak negara termasuk Amerika Serikat dan China.

Selain itu, lanjut Abdullah yang telah membaca 100 kabel Saudi, tidak ada dokumen tersebut yang membahayakan keamanan negara. "Tidak ada yang mengejutkan sehingga membahayakan keamanan Saudi," ujar Abdulla.

Beberapa dokumen juga menunjukkan upaya Saudi membentuk pemberitaan media, baik dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah desakan pemerintah terhadap penyedia layanan televisi satelit untuk memblokir tayangan dari Iran.

Pada dokumen tahun 2012, Kerajaan Saudi meminta media untuk "tidak mengekspos kepribadian Rusia dan menghindari menyakiti mereka agar tidak merusak kepentingan kerajaan."

Perintah ini disampaikan usai dilakukan pertemuan antara Saudi dan Rusia terkait krisis di Suriah. Rusia saat itu adalah negara utama yang mendukung Assad dan selalu memveto resolusi PBB soal Suriah.

WikiLeaks membocorkan lebih dari 600 ribu dokumen diplomatik Arab Saudi dan akan membeberkan setengah juta dokumen lainnya dalam beberapa pekan mendatang.

Dibeberkannya dokumen itu pada Jumat sekaligus menandai tiga tahun pendiri WikiLeaks mendapatkan suaka di Kedutaan Besar Ekuador di London untuk menghindari ekstradisi ke Swedia agar bisa diadili atas tuduhan kejahatan seks.

Pemerintah Arab Saudi langsung bereaksi dengan memperingatkan warganya untuk tidak turut menyebarkan dokumen-dokumen yang menurut mereka "bisa jadi palsu". Bagi warga Saudi yang menyebarkan dokumen WikiLeaks maka akan dikenakan dakwaan kejahatan siber.
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved