TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Inilah Bocoran Dokumen: IS Tak Main-main Akan Bangun Negara

Wednesday, December 09, 2015 15:43 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior



Sebuah dokumen internal ISIS yang bocor ke media menunjukkan rencana gamblang bahwa IS tidak main-main dengan keinginannya membangun sebuah negara secara keseluruhan.

Dalam dokumen setebal 24 halaman yang diperoleh media Inggris The Guardian, Senin (7/12), tergambar keseriusan ISIS membangun sebuah negara, lengkap dengan institusi pemerintahan yang terdiri dari berbagai departemen, termasuk kementerian luar negeri dan keuangan.

Dokumen itu juga berisikan panduan operasi propaganda ISIS dan sistem ekonomi terpusat dengan pengendalian penuh terhadap sektor vital pemasukan negara, seperti minyak dan gas.

Dalam dokumen berjudul Prinsip Pemerintahan Negara Islam itu, disebut juga soal pembentukan lembaga kesehatan, pendidikan, perdagangan, komunikasi dan lapangan pekerjaan, semua hal yang berhubungan dengan berfungsinya sebuah negara.

Ditulis oleh seorang warga Mesir bernama Abu Abdullah sesaat setelah Abu Bakar al-Baghdadi mengumumkan kekhalifahan Juni 2014 lalu, dokumen itu juga memuat soal sistem pendidikan, pengaturan sumber daya alam, industri, hubungan luar negeri, hubungan masyarakat dan kamp pelatihan militer.

Untuk kamp militer dalam dokumen disebutkan nantinya akan dibagi menjadi dua, yaitu bagi tentara dan veteran. Untuk veteran, latihan akan dilakukan setahun sekali untuk menyegarkan pengetahuan soal militer dan "penggunaan persenjataan jenis terbaru, perencanaan perang dan teknologi militer."

Untuk pertahanan negara, ISIS juga akan menggunakan anak-anak sebagai tentara. Dalam dokumen diatur pelatihan anak-anak dalam menggunakan senjata ringan dan yang paling berprestasi dari mereka akan ditugaskan di pos pemeriksaan dan patroli.

Dokumen itu diberikan oleh seorang pengusaha yang bekerja di dalam wilayah yang dikuasai ISIS kepada peneliti Aymenn al-Tamimi, yang sebelumnya telah mempublikasikan dokumen ISIS.

Pengusaha yang tidak disebut namanya demi keamanan itu kini telah membocorkan sekitar 30 dokumen, termasuk laporan keuangan dari salah satu provinsi terbesar yang dikuasai ISIS.

Tamimi mengatakan, dari dokumen ini terlihat jelas bahwa tujuan utama ISIS adalah "membentuk pemerintahan, bukan hanya peperangan tanpa akhir."

Jenderal Stanley McChrystal yang memimpin militer AS dalam menghancurkan pendahulu ISIS di Irak tahun 2006 hingga 2008 mengatakan, dokumen itu harus dibaca oleh para pembuat kebijakan di negara-negara Barat agar strategi mereka tidak salah.

"Jika Barat hanya melihat ISIS sebagai kelompok pembunuh yang psikopat, maka kita terlalu menyepelekan mereka," kata McCrystal.

Charlie Winter, peneliti senior dari Georgia State University yang telah melihat dokumen itu mengatakan bahwa ISIS memiliki visi jauh ke depan.

"ISIS adalah organisasi yang memiliki perhitungan mendalam soal politik dengan infrastruktur yang terencana dengan baik dan kompleks," tandas Charlie Winter, peneliti senior dari Georgia State University.
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved