TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Turki dan Israel Pulihkan Hubungan, Bagaimana Nasib Palestina?

Friday, December 25, 2015 22:14 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior

ANKARA - Turki dan Israel akan menggelar pembicaraan untuk memulihkan hubungan diplomatik yang telah lama beku. Sejumlah pihak bertanya-tanya bagaimana nasib Palestina, terutama Gaza, pascakesepatan tersebut?

Pertanyaan tersebut wajar mengingat Turki selama ini merupakan salah satu pendukung utama Palestina, termasuk kelompok Hamas.

Dalam pernyataan Selasa kemarin, Perdana Turki Ahmed Davutoglu menegaskan, sikap Turki tidak akan berubah. Baik menyangkut kompensasi maupun tuntutan agar blokade Gaza dicabut.

"Posisi kami sama sejak awal dan akan tetap sama ke depan. Turki tetap bersikukuh atas tuntutannya agar Israel memberikan kompensasi dan mencabut embargo tidak berperikemanusiaan di Gaza," ujarnya.

Terkait pembicaraan, Davutoglu mengungkapkan, pembicaraan masih terus berlangsung. Ankara memutus hubungan diplomatik dengan Tel Aviv pada 2010 setelah Angkatan Laut Israel menyerbu bantuan kemanusiaan Turki ke Gaza.

Saat itu ekspedisi Gaza Freedom Flotilla berakhir tragedi setelah pasukan Israel menewaskan sembilan warga Turki dan warga Amerika keterunn Turki di kapal Mavi Marmara. Seorang lainnya meninggal dunia di rumah sakit Turki pada 2014 setelah koma bertahun-tahun.

Turki mengajukan sejumlah syarat untuk perbaikan hubungan. Prasyarat tersebut yakni permintaan maaf dari Israel, pemberian kompensasi bagi keluarga korban serta pencabutan blokade Gaza yang berlangsung selama delapan tahun.

Pada 2013, Israel memenuhi syarat pertama. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan permohonan maaf.

Sumber : Anadolu Agency
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved