TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / / /

Tajikistan Gelar Referendum Larang Partai Islam

Monday, May 23, 2016 20:01 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior



Penduduk Tajikistan yang sebagian besar menganut Islam melakukan pemungutan suara terkait pelarangan partai berbasis agama dalam sebuah referendum yang kemungkinan akan menguatkan kekuasaan presiden.

Emomali Rakhmon sudah memerintah negara republik eks-Soviet di Asia Tengah itu sejak 1992, dan melewati perang sipil yang berakhir dengan kesepakatan dengan oposisi Islam.

Gerakan untuk melarang oposisi, Partai Kebangkitan Islam, mulai sejak tahun lalu.

Referendum pada Minggu ini (2/05) juga meminta pemberi suara untuk menghapuskan pembatasan masa jabatan presiden.

Pemungutan suara tersebut juga menentukan soal penurunan batas usia presiden, dari 35 menjadi 30 - langkah yang secara teori akan memudahkan anak Rakhmon, Rustam, yang kini berusia 29, untuk berkampanye pada 2020.

Tiga poin ini terkandung dalam undang-undang parlemen perubahan pada konstitusi.

Satu-satunya pertanyaan dalam formulir pemungutan suara adalah, "Apakah Anda mendukung perubahan dan tambahan pada konstitusi negara ini?"

Tajikistan adalah salah satu negara termiskin di Asia Tengah dan sangat bergantung pada Rusia, separuh dari Pendapatan Domestik Bruto negara tersebut berasal dari pengiriman uang dari warga negaranya yang bekerja di luar negeri - kebanyakan di Rusia.

Sejak kesepakatan pembagian kekuasaan yang mengakhiri perang sipil berdarah pada 1997, kelompok Islam semakin terdorong keluar dari pemerintahan.

Kekhawatiran kini tumbuh bahwa konflik Afghanistan bisa meluas melewati perbatasan Tajikistan.

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved